Pengumuman Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Di Lingkungan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan
dan
Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia)
Tahun Anggara 2013
Tahun Anggara 2013
Nomor : Peng.06 /SU-OK / IX /2013
I. LATAR BELAKANG
Dalam rangka mengisi
formasi kebutuhan pegawai Tahun Anggaran 2013, Badan Nasional Penempatan dan
Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) membuka kesempatan bagi Warga
Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil
di lingkungan BNP2TKI yang akan ditempatkan di beberapa wilayah kerja BNP2TKI
baik pusat maupun daerah.
II. KUALIFIKASI
PENDIDIKAN
TINGKAT PENDIDIKAN
|
PROGRAM STUDI
|
|
Sarjana (S1)
|
Administrasi
|
|
Akuntansi
|
||
Hukum
|
||
Ilmu Komputer
|
||
Keuangan Perbankan
|
||
Kehumasan
|
||
Komunikasi
|
||
Jurnalistik
|
||
Manajemen
|
||
Manajemen Informatika
|
||
Psikologi
|
||
Publisistik
|
||
Sistem Informasi
|
||
Sosiologi
|
||
Teknik Informatika
|
||
Teknik Komputer
|
||
Diploma Tiga (D3)
|
Ilmu Komputer
|
|
Manajemen Informatika
|
||
Teknik Informatika
|
||
Teknik Komputer
|
III. RINCIAN FORMASI (Download pdf 114kb)
IV. PERSYARATAN
A. UMUM
1.
Warga Negara Republik Indonesia, yang
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila,
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI);
2.
Berusia minimal 18 (delapan belas) tahun
dan maksimal 35 (tiga puluh lima) tahun pada tanggal 01 Oktober 2013;
3.
Memiliki kualifikasi pendidikan (jenjang
dan jurusan) sesuai dengan formasi yang dibutuhkan;
4.
Berijazah, lulusan Perguruan Tinggi Negeri
atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi
Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) atau Perguruan Tinggi Negeri yang telah
mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat
Keterangan Lulus/Ijazah sementara tidak berlaku;
5.
Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
minimal 2,75 dalam skala 4 (Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta) untuk D3
maupun S1;
6.
Mampu mengoperasikan komputer minimal
program Office dan Internet;
7.
Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan
surat keterangan dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah;
8.
Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah
NKRI;
9.
Tidak berkedudukan sebagai
CPNS/PNS/TNI/POLRI;
10.
Tidak berkedudukan sebagai anggota dan
/atau pengurus Partai Politik;
11.
Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan
berdasarkan putusan pengadilan;
12.
Tidak pernah diberhentikan dengan tidak
hormat sebagai PNS atau instansi Swasta;
13.
Calon pelamar dapat melakukan pendaftaran
secara online ke alamat website http://sscn.bkn.go.id/;
14.
Mengisi Surat Pernyataan Umum yang dapat
diunduh pada lampiran pengumuman ini;
15.
Setelah melakukan pendaftaran secara
online melalui website tersebut di atas, maka pelamar dapat mencetak tanda
bukti pendaftaran.
B. KHUSUS
1.
Membuat surat lamaran dengan ketentuan
ditulis sendiri, dengan tinta berwarna hitam, di atas kertas folio bergaris dan
ditandatangani di atas materai Rp 6.000;
2.
Melampirkan Daftar Riwayat Hidup meliputi
pendidikan formal (Sekolah Dasar sampai pendidikan terakhir), informal dan
pengalaman kerja. Khusus pendidikan formal harus dituliskan : nama lembaga
pendidikan, lama pendidikan, dan tahun lulus, rata-rata nilai STTB, IPK;
3.
Melampirkan 1 (satu) lembar fotocopy
ijazah dan Transkrip Nilai Akademis pendidikan terakhir, yang disahkan dan
dilegalisir (cap basah) oleh pejabat yang berwenang:
Rektor/Dekan/Ketua/Direktur;
4.
Melampirkan masing-masing 1 (satu) lembar
foto copy ijazah/STTB Sekolah Dasar sampai SLTA;
5.
Melampirkan Fotocopy legalisir (cap basah)
Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang dikeluarkan oleh instansi
berwenang yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
6.
Melampirkan Fotocopy legalisir (cap basah)
Surat Keterangan Catatan Kepolisian setempat yang masih berlaku sebanyak 1
(satu) lembar;
7.
Melampirkan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk
yang masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
8.
Melampirkan Fotocopy legalisir (cap basah)
Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit Pemerintah yang
masih berlaku sebanyak 1 (satu) lembar;
9.
Melampirkan Surat Pernyataan Umum yang
telah diisi dan ditandatangani di atas materai Rp 6000;
10.
Bagi pelamar lulusan Perguruan Tinggi Swasta
yang akreditasi Program Studinya tidak tertera di dalam ijazah, wajib
melampirkan 1 (satu) lembar fotocopy sertifikat akreditasi atau Surat
Keterangan dari Perguruan Tinggi yang bersangkutan;
11.
Pas Foto terakhir berwarna (laki-laki
berwarna dasar merah, perempuan berwarna dasar biru), ukuran 4x6 sebanyak 3
(tiga) lembar dan di bagian belakangnya dituliskan nama pelamar;
12.
Berkas sebagaimana tersebut di atas
disusun rapih dalam snelhekter hijau untuk D3 dan merah untuk S1, dan di
halaman terdepan dilampirkan fotocopy tanda bukti pendaftaran online.
Persyaratan Tambahan
*) Khusus untuk Pelamar Putra/putri Papua
a.
Merupakan putra/putri dari orang tua yang
minimal salah satunya (Bapak atau Ibu) asli dari Papua.
b.
Selain melengkapi Persyaratan Khusus di
atas, juga diminta melampirkan fotocopy Akte kelahiran orang tua, bila tidak
ada dapat digantikan dengan foto copy Surat Keterangan dari Aparatur Setempat
(Kepala Desa atau Lurah) yang menyatakan bahwa orang tua pelamar adalah benar
asli Papua.
**) Khusus untuk Pelamar Penyandang Disabilitas
ï€ Memiliki disabilitas terkait dengan anggota gerak bawah/kaki dan tidak
menggunakan kursi roda ï€ Tidak mengalami disabilitas dalam hal penglihatan,
pendengaran maupun wicara.
V. PANDUAN PENDAFTARAN
Calon pelamar yang
berminat, wajib melalui proses pendaftaran melalui 2 (dua) tahap sebagai
berikut:
1.
Pendaftaran Online
Langkah-langkah
Pendaftaran Online:
a.
masuk ke website http://sscn.bkn.go.id /;
b.
klik link Buat Pendaftaran untuk membuat
pendaftaran baru;
c.
isi form registrasi yang muncul;
d.
pastikan isian data pribadi pada form
registrasi sesuai dengan KTP;
e.
pastikan isian formasi dan pendidikan yang
dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki;
f.
klik tombol kirim pendaftaran untuk
memproses pendaftaran dan nomor registrasi pendaftaran;
g.
cetak tanda bukti pendaftaran;
h.
tanda bukti pendaftaran berupa file dalam
format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak di tempat lain;
i.
tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak
di fotocopy, dan copynya dilampirkan di halaman terdepan berkas lamaran.
j.
Khusus Pelamar Putra/Putri Papua
menuliskan “FORMASI PAPUA†dipojok kanan atas amplop dan surat lamaran.
2.
Pengiriman berkas via pos Pelamar yang
telah mendaftar secara online, wajib segera mengirimkan berkas lamaran beserta
seluruh lampiran melalui PT. Pos Indonesia ditujukan kepada:
Kepala Biro Organisasi
dan Kepegawaian BNP2TKI
selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS
PO BOX
4267 JKTM 12700
selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS
3.
Waktu Pendaftaran
a.
Pendaftaran secara online paling lambat
tanggal 19 September 2013.
b.
Berkas lamaran diterima Panitia paling
lambat tanggal 22 September 2013, cap pos.
4.
Ketentuan Pendaftaran
a.
Panitia tidak menerima berkas lamaran yang
diantar langsung.
b.
Berkas lamaran yang dikirim selain alamat
di atas atau melewati batas waktu yang telah ditentukan tidak akan diproses.
c.
Pelamar yang hanya melakukan pendaftaran
secara online namun tidak mengirimkan berkas atau hanya mengirimkan berkas
namun tidak melakukan pendaftaran secara online, dinyatakan gugur.
VI. PELAKSANAAN SELEKSI
1.
Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil di
Lingkungan BNP2TKI terdiri dari 2 (dua) tahapan utama yaitu: Seleksi
Administrasi dan Seleksi berdasarkan Tes Kemampuan Dasar (TKD).
2.
Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi
administrasi akan dipanggil mengikuti tahap selanjutnya yaitu Tes Kemampuan
Dasar (TKD) dengan sistem Computer Asissted Test (CAT). Pelaksanaan TKD akan
ditentukan kemudian.
3.
Pengumuman mengenai hasil seleksi
administrasi dapat dilihat melalui website : www.bnp2tki.go.id atau
http://sscn.bkn.go.id/, paling lambat pada tanggal 28 September 2013
4.
Pengambilan nomor ujian, serta lokasi
tempat ujian akan diinformasikan kemudian.
5.
Hasil TKD akan diumumkan melalui website:
www.bnp2tki.go.id atau http://sscn.bkn.go.id/.
6.
Penentuan kelulusan berdasarkan ranking
nilai tertinggi yang diperoleh peserta yang melampaui passing grade.
7.
Khusus untuk Pelamar Putra/putri Papua,
mekanisme seleksi dan penyelenggaraan tes akan diumumkan kemudian.
VII. LAIN-LAIN
a.
Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil
BNP2TKI tidak dipungut biaya dan Panitia tidak bertanggung jawab apabila
terjadi pungutan dari pihak lain yang mengatasnamakan Panitia Pengadaan.
b.
Surat lamaran yang sudah masuk ke panitia,
dengan alasan apapun tidak dapat diminta kembali, oleh karenanya panitia tidak
melayani permintaan kembali atas berkas lamaran baik langsung maupun tidak
langsung.
c.
Biaya transportasi dan akomodasi selama
mengikuti tahapan tes/ujian ditanggung oleh pelamar.
d.
Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes
ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar. Apabila ada pihak/oknum yang
menawarkan jasa dengan menjanjikan untuk dapat diterima menjadi CPNS di
lingkungan BNP2TKI dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut
adalah penipuan. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum
tersebut.
e.
Apabila pelamar memberikan data/keterangan
yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan
tes/ujian, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai
Negeri Sipil, BNP2TKI berhak membatalkan kelulusan tersebut dan/atau
memberhentikan sebagai CPNS/PNS di lingkungan BNP2TKI, menuntut ganti rugi atas
kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan
melaporkan sebagai tindak pidana ke Pengadilan Negeri karena telah memberikan
keterangan palsu.
Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian
Selaku
Ketua Tim Panitia Pengadaan CPNS
BNP2TKI
ttd
Drs Herry Hidayat H, MM.
NIP 19570521 198303 1 002